Jangan Kau Ubah Fitrah Itu

mutiara-kata-11Al-Ustadz Fathul Mujib 

 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

لَا تَبۡدِيلَ لِخَلۡقِ ٱللَّهِۚ

“Tidak ada perubahan pada fitrah Allah.” (ar-Rum: 30)

Maksudnya, jangan ada yang berani mengubah ciptaan Allah (yang dimaksud adalah fitrah, pen.) sehingga ia menjadikannya tidak berada pada asal penciptaannya (dengan fitrah yang bersih) yang telah diletakkan oleh Allah. (Tafsir as-Sa’di dengan sedikit penyesuaian)

Janganlah kalian mengubah ciptaan Allah sehingga kalian mengganti fitrah manusia. (Tafsir Ibnu Katsir)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

مَا مِنْ مَوْلُودٍ يُولَدُ إِلَّا عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ

“Tidak ada bayi yang dilahirkan melainkan berada di atas fitrah, lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu, jagalah fitrahmu, wahai muslimah….

Waspadalah terhadap bujuk rayu dan iming-iming yang hendak mengeluarkanmu dari fitrahmu sebagai hamba Allah dan sebagai makhluk bernama wanita. Semua itu bagaikan pintu yang terlihat indah dari luar, tetapi di baliknya, yang ada hanyalah kesengsaraan, kehinaan, dan siksaan, baik di dunia maupun kelak pada hari kiamat.

Kenalilah dirimu sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah untuk mengemban suatu tugas yang tidak mampu dilakukan oleh pria berotot besar sekalipun. Pada tugas tersebutlah terdapat keamanan, kebahagiaan, kemuliaan, ketenangan, dan pahala besar yang menantimu. Ingatlah bahwa Allah tidak akan mengingkari janji-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − three =