Kreasiku Edisi 09

kreasiku-9-1Stoples Cake Coklat Lapis Tikar

Sering kita jumpai di rumah kita, bahkan terjadi hampir setiap tahun terutama pasca hari raya, stoples-stoples plastik dan kaleng-kaleng biskuit nyaris menjadi onggokan barang bekas tidak berguna. Melalui rubrik “Kreasiku” kali ini, kami ingin mengajak pembaca untuk berpikir kreatif, bagaimana mengubah limbah industri makanan yang berupa stoples plastik dan kaleng bekas ini menjadi produk komersial berdaya guna.

Yang kami gunakan di sini stoples plastik saja. Namun, Pembaca bisa menggunakan kaleng bekas biskuit atau wadah bekas yang lain. Yang harus diperhatikan adalah kebersihan stoples atau kaleng bekas tersebut. Oleh karena itu, sebelum digunakan, barang bekas tersebut sebaiknya dicuci bersih dan dikeringkan terlebih dahulu.

Ide kreatif me-make over stoples atau kaleng bekas biskuit ini tidak terbatas pada desain yang kita tampilkan di sini. Silakan berinovasi menciptakan desain kreatif lain dan menggunakan bahan lain, seperti kain perca, renda, pita, dan lain-lain. Ayo, tunggu apa lagi?! Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk tampil beda!

kreasiku-9-2

Bahan dan Alat

  • Kain flanel warna coklat muda, coklat tua, dan kuning muda
  • Benang jahit
  • Gunting
  • Jarum jahit tangan
  • Kapas
  • Lem Uhu/lem Fox putih
  • Pensil dan penggaris
  • Stoples plastik bekas

Cara Membuat

  1. Siapkan stoples plastik bulat.
  2. Potong kain flanel coklat muda berukuran 47 cm x 1 cm sebanyak 5 buah; coklat tua berukuran 6 cm x 1 cm sebanyak 38 buah. Jumlah potongan ini disesuaikan dengan ukuran stoples.
  3. Lapisi badan stoples dengan kain flanel tersebut dengan bentuk anyaman tikar. Sambil dianyam, flanel dilem di bagian atas dan bawah, kemudian dirapikan.
  4. Lapisi tutup stoples dengan kain flanel coklat muda, kemudian rapikan sesuai dengan kontur stoples.
  5. Hiasi stoples dengan topping krim dan parutan keju yang terbuat dari flanel.
  6. Stoples cake coklat lapis tikar telah siap digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 4 =