Kreasiku Edisi 14

kreasiku-14Felt Babybook

Saat ini kita pasti sudah sering mendengar yang namanya babybook atau buku bayi. Yup, babybook ini bisa menjadi media untuk merangsang minat baca anak, mengenalkan konsep-konsep dasar, seperti warna, bentuk, dan berhitung; mengenalkan benda di sekitar, dan lain-lain. Buku yang terbuat dari kain ini insya Allah aman untuk bayi sampai anak usia prasekolah karena tidak mudah sobek dan bisa dicuci jika kotor.

Bagaimana kita bisa menghadirkannya untuk ananda? Yuk, kita simak cara membuatnya. Kali ini kita akan membuat felt babybook untuk pengenalan angka dan konsep berhitung.

Alat dan Bahan

  • Kain felt atau flanel aneka warna
  • Kain felt motif
  • Jarum, benang jahit, dan benang sulam
  • Lem
  • Kancing

kreasiku-14-1

Cara Membuat

  1. Potong kain felt dengan ukuran 26 cm x 13 cm sebanyak 5 lembar untuk halaman dalam. Lipat masing-masing menjadi dua. Tiap lembar kain felt ini nanti akan menjadi dua halaman (1 dan 2, 3 dan 4, 5 dan 6, 7 dan 8, 9 dan 10).
  2. Untuk kover depan, potong kain felt dengan ukuran 13 cm x 28 cm. Untuk kancing penutup, potong kain felt dengan ukuran 2 cm x 5 cm sebanyak 2 lembar, kemudian jahit.
  3. Buat pola di kertas karton, berupa angka 1 sampai 5. Buat pula ilustrasinya sejumlah angka yang dibuat. Misalnya, ilustrasi untuk angka 1 adalah 1 buah apel, untuk angka 2 adalah 2 buah balon, untuk angka 3 adalah 3 buah wortel, dan seterusnya sampai angka 5.
  4. Jiplak pola di atas kain felt, kemudian gunting kain felt sesuai dengan
  5. Tempelkan angka dan ilustrasi di setiap halaman. Angka di lipatan sebelah kiri, sedangkan ilustrasinya di lipatan sebelah kanan. Boleh juga Setelah itu, jahit dengan tusuk aplikasi atau feston.
  6. Langkah selanjutnya adalah menjilid halaman hingga menjadi buku. Caranya, oleskan sedikit lem di sisi terbalik halaman agar tidak mudah bergeser sewaktu di Jahit halaman 2 dengan halaman 3, halaman 4 dengan halaman 5, halaman 6 dengan halaman 7, dan terakhir, halaman 8 dengan halaman 9 (dengan tusuk feston).
  7. Untuk memasang kover depan, jahit kover—yang sudah diberi ilustrasi depan—dengan bagian luar buku (depan dan belakang). Jangan lupa menyelipkan penutup buku (yang sudah dipasangi kancing) ketika menjahit kover bagian belakang. Penutup buku diselipkan dibagian kover belakang.

kreasiku-14-2

Mudah, bukan? Ibu bisa membuat tema-tema yang lain, seperti buah, sayur, transportasi, huruf hijaiyyah, dan lain-lain. Semoga bertambah kebahagiaan ananda karena mendapatkan hadiah buatan ibunda. Selamat berkreasi!
Oleh: Ninik Rumah Craft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =