Tips Manfaat Edisi 04

tips-manfaat-04CARA MUDAH MENGUPAS KENTANG DAN TELUR REBUS

Kentang rebus atau telur rebus yang masih panas sulit dikupas. Jika dipaksakan juga dikupas dengan segera, biasanya hasilnya tidak mulus. Tiriskan kentang atau telur rebus dari air rebusan, kemudian letakkan di mangkok berisi air es dan beberapa bongkah es batu. Cara ini menjadikan suhu kulit kentang dan cangkang telur turun. Kulit dan cangkang pun terlepas dari daging kentang atau telur. Biarkan beberapa menit, insya Allah telur lebih mudah dikupas setelahnya. Untuk kentang, sayat kulitnya memutar. Kulitnya akan bisa ditarik seperti melepas kaos tangan, dan daging kentang tetap hangat.

BAU DAPUR TIDAK SEDAP?

Berbagai aktivitas dan bahan atau sisa bahan memasak terkadang membuat dapur berbau tidak sedap. Kita bisa mengatasinya dengan membersihkan peralatan dan tempat yang perlu dibersihkan, kemudian menyangrai bubuk kayu manis secukupnya di atas wajan sampai aroma harum kayu manis memenuhi ruangan dapur. Bau harum ini insya Allah dapat bertahan beberapa hari.

MEMBERSIHKAN NODA MINYAK DI DAPUR

Jika kompor kita tidak memiliki lapisan anti lengket, minyak goreng yang mengenainya dapat dibersihkan dengan menggosokkan lap yang sudah dibasahi minyak tanah. Biarkan beberapa lama, kemudian dilap lagi dengan lap kering.

Jika lantai tertumpahi atau terkena cipratan minyak, kita bisa menaburkan sedikit tepung terigu di atas cipratan minyak dan membersihkannya dengan lap kering. Jika tumpahannya banyak, minyak dapat diangkat dengan sampah kertas. Sisa minyak di lantai bisa diperlakukan dengan cara yang sama. Kita tidak perlu menggunakan air untuk membersihkannya.

Jika dinding dapur yang terciprat, dinding dapat dibersihkan dengan menggosokkan lap yang diberi sabun cuci piring sampai noda minyak hilang.

MENGHILANGKAN BAU PRENGUS KAMBING

Daging kambing tidak perlu dicuci sebelum dimasak, karena ‘keprengusannya’ justru semakin ‘parah’. Oleh karena itu, belilah daging di tempat yang terjaga kebersihannya. Jahe yang dihaluskan dan dilumurkan ke daging sebelum dimasak dapat mengurangi bau prengusnya. Sebaiknya, jahe juga ditambahkan ke dalam bumbu. Kayu manis, kapulaga, cengkih, dan rempah lain juga membantu menghilangkan bau ini.

Pilihan lain adalah melumurkan air jeruk nipis atau jeruk limau pada daging sebelum dimasak. Nanas, selain melunakkan daging kambing, juga berfungsi menghilangkan baunya. Nanas diparut dan dilumurkan ke potongan daging sebelum dimasak, tunggu sesaat (jangan lama-lama karena daging bisa hancur), baru dimasak.

(Hani’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 7 =