Tips Manfaat Edisi 05

tips-manfaat-5MENGHILANGKAN NODA KARAT LOGAM PADA PAKAIAN

Karat logam (teyeng, Jw.) sulit dihilangkan apabila mengenai pakaian kita. Untuk menghilangkannya atau minimal menguranginya, kita bisa menggunakan beberapa cara.

  1. Dengan jeruk nipis

Belah dua jeruk nipis, lalu taburkan garam secukupnya pada belahan tersebut. Setelah itu, gosok-gosokkan pada bagian pakaian yang ternoda karat. Keringkan pakaian, lalu cuci seperti biasa.

  1. Dengan cairan asam oksalat yang dapat dibeli di apote

Tetesi bagian baju yang terkena karat dengan cairan tersebut beberapa kali, lalu gosok-gosok sampai hilang nodanya.

Semoga berhasil!

 

MENGHILANGKAN BINTIK-BINTIK HITAM (JAMUR) PADA PAKAIAN

Apabila pakaian yang kotor dan lembab tidak segera dicuci, atau pakaian direndam terlalu lama, biasanya muncul bintik hitam yang ‘indah’ dipandang mata. Pemutih, apalagi deterjen, biasanya tidak mempan mengusirnya. Anda bisa mencoba langkah berikut.

  1. Rendam bagian pakaian yang nahas tersebut dengan larutan air dan cuka dengan perbandingan seperti ketika kita memakai pemutih (sekitar 30 ml untuk 1 liter air) selama maksimal 10 menit (jika terlalu lama, pakaian bisa berubah kekuningan).
  2. Rendam pakaian dengan sabun dan air panas yang dicampur air jeruk nipis selama 30 menit, cuci, bilas, dan jemur seperti biasa. Jangan lupa, jika pakaian yang sudah kita kenakan akan kita pakai lagi keesokan harinya, jemur atau angin-anginkan dulu sebelum digantung pada gantungan pakaian. Setelah pakaian tidak dipakai lagi, cuci Semoga si bintik cantik tidak muncul lagi. Selamat mencoba!

 

SOFT DRINK UNTUK KARAT DAN LEMAK PADA PAKAIAN

Soft drink ber-pH sangat rendah (bersifat sangat asam). Banyak studi menunjukkan ketidakbaikannya bagi kesehatan kita. Belum lagi zat-zat aditif lain yang terdapat di dalamnya. Bagaimana kira-kira nasib usus dan lambung peminum reguler soft drink ini?

Namun, ada juga manfaat minuman ini. Untuk menghilangkan noda karat pada baju, rendam bagian pakaian yang terkena karat dengan segelas soft drink selama 1 jam, kucek, bilas, lalu cuci seperti biasa. Semoga noda karat tersebut hilang atau berkurang.

Untuk menghilangkan noda lemak pada pakaian/kain rumah tangga (seperti lap), rendam kain tersebut dalam segelas campuran soft drink dan deterjen selama 10 menit, lalu kucek pelan-pelan saja. Insya Allah noda lemak hilang dengan mudah.

 

MENGHILANGKAN NODA KOPI DI CANGKIR

Cangkir atau mug kita kadang terkena residu kopi di dasarnya. Untuk menghilangkan noda ini, taburkan soda kue pada bagian yang bernoda, lalu gosok dengan spons.

 

MENGHILANGKAN CORETAN KRAYON DI DINDING

Ketika si kecil berkreasi, ibunda tentu senang dengan aktivitasnya. Namun, apabila dinding yang menjadi ‘korban’, agak pusing juga menghadapinya. Haruskah mengecat ulang dinding rumah karena lukisan krayon yang menghiasinya?

Kita bisa mencoba menghilangkannya dengan menggosokkan lap basah yang diberi pasta gigi ke dinding dengan cepat. Insya Allah, krayon akan hilang.

Ada cara lain, yaitu menggosokkan perlahan dan memutar spons basah yang ditaburi sedikit baking soda ke bagian dinding yang dihiasi krayon. Setelah itu, diulang dengan menggosokkan spons yang diberi sabun cuci piring. Langkah terakhir, gosok ulang dengan spons basah, lalu lap dinding sampai kering.

Jika kita memiliki persediaan tisu basah, lebih mudah lagi menghilangkan krayon di dinding. Kita bisa menggosoknya dengan tisu basah sampai hilang.

Semoga bermanfaat.

(Hani’)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 10 =