Tips Manfaat Edisi 09

tips-manfaat-09TIPS PERAWATAN SETELAH MELAHIRKAN

Menjaga kesehatan dan penampilan bisa menjadi suatu bentuk ibadah bila diniatkan untuk bersyukur atas nikmat sehat dan untuk meraih ridha Allah k. Bagi muslimah yang telah berkeluarga, cukup menjadi problem setelah melahirkan si buah hati, badan menjadi melar dan wajah menjadi kusam.

Bukankah menyenangkan saat dipandang itu adalah satu bentuk ibadah bagi seorang istri? Di bawah ini ada tips untuk para wanita yang ingin selalu tampil cantik dan menarik setelah melahirkan. Selamat membaca dan mencoba, semoga bermanfaat.

  1. Pilis

Ramuan ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sakit kepala yang biasa dialami wanita setelah melahirkan. Ramuan ini digunakan di dahi. Caranya, pilis dicampur dengan air hangat, lalu dioleskan di dahi.

  1. Tapel

Tapel berguna untuk mengencangkan otot-otot perut setelah melahirkan. Cara pemakaiannya sama dengan pilis, yaitu dicampur dengan air hangat, lalu dioleskan di perut bagian bawah, tepatnya di bawah pusar. Setelah itu, perut dibalut dengan kain bersih. Dianjurkan pula memakainya di malam hari.

  1. Pupuh

Pupuh digunakan untuk merawat mata agar pandangan tetap jernih, di samping untuk mencegah mata rabun. Ramuan ini digunakan dengan cara diteteskan ke mata sebanyak 2 sampai 3 kali, sehari dua kali, yaitu pagi dan malam menjelang tidur.

  1. Beras kencur

Ramuan ini dioleskan di kaki, dari telapak kaki sampai ke tumit. Fungsinya untuk mencegah kaki bengkak. Ramuan ini juga bisa dioleskan di wajah agar wajah tampak lebih segar.

  1. Korset

Alat ini disebut juga kendit atau benting (dalam bahasa Jawa). Korset bisa kita beli di pasar. Namun, kalau anggaran kita kurang, kita bisa memanfaatkan kain panjang atau selendang yang diikatkan secara kencang di perut. Wanita yang berpostur gemuk disarankan untuk memakai korset rangkap dua.

Korset berfungsi mengencangkan perut agar kembali seperti sediakala seperti sebelum hamil, dipakai rata-rata selama 40 hari sampai dengan 100 hari.

Dengan memakai korset, kita bisa lebih lincah dalam beraktivitas karena otot-otot perut tidak kendur. Selain itu, kita menjadi lebih semangat dan tidak bermalas-malasan karena tubuh terasa lebih ringan.

Oleh: Ummu Afnaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − thirteen =