Tips Manfaat Edisi 12

tips-manfaat-12Cara Alami Mengatasi Flu

Cuaca yang kurang bersahabat membuat kita mudah sekali terserang penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang adalah flu. Hidung meler dan tersumbat, demam, kepala pusing, dan tenggorokan serak adalah gejala flu yang sangat mengganggu. Gejala ini tentu sangat mengganggu aktivitas-aktivitas kita baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Terlebih kita yang memiliki anak-anak kecil perlu mewaspadai agar tidak banyak bersinggungan dengan si buah hati. Karena penyakit flu, biidznillah, bisa menular dengan cepat. Kondisi anak kecil atau bayi yang daya tahan tubuhnya menurun, kerap sekali (biidznillah) tertular flu. Agar hal itu bisa kita hindari, di bawah ini beberapa tips alami untuk mengatasi flu:

1. Beristirahat yang cukup

Tubuh kita memiliki kekebalan alami untuk memerangi virus flu. Oleh karena itu, ketika flu menyerang, beristirahatlah dengan cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Minum cairan hangat

Meminum cairan yang hangat cukup membantu melegakan hidung tersumbat, membantu mencegah dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh), dan dapat menenangkan membran mukosa pada hidung dan tenggorokan yang mengalami peradangan. Selain itu, uap yang dikeluarkan oleh minuman hangat membantu mengencerkan lendir.

3. Melakukan penguapan

Untuk melakukan penguapan, masukkan air panas ke dalam baskom, lalu dekatkan wajah ke dalam baskom. Lebih baik lagi jika sehelai handuk disampirkan di kepala untuk memerangkap uap.

4. Memakai bantal tinggi saat tidur

Pakailah bantal yang tinggi saat tidur dan arahkan wajah ke langit-langit.

5. Menghirup aroma bawang putih

Dekatkan potongan bawang putih ke lubang hidung selama kurang lebih lima menit.

6. Makan makanan pedas atau sup hangat

Lada atau cabai mengandung senyawa kapsaisin yang dapat membantu membersihkan rongga hidung. Saat flu menyerang, coba santaplah sup hangat dengan taburan lada, atau makanan berkuah pedas.

7. Berkumur dengan air garam

Larutkan satu sendok teh garam dalam satu gelas air putih. Pakailah larutan ini untuk berkumur hingga pangkal tenggorokan selama beberapa detik, lalu buanglah. Cara ini dapat meluruhkan lendir/dahak dan membunuh kuman.

8. Makan jambu biji

Mengapa perlu makan jambu biji? Karena jambu biji mengandung zat besi dan vitamin C yang membantu menyingkirkan virus flu dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Makan jambu biji juga bisa membantu mengencerkan lendir.

9. Makan yang cukup dan teratur

Makanlah makanan dengan gizi seimbang secara teratur. Porsi makan yang kurang bisa menyebabkan kita kurang fit dan mudah terserang penyakit.

11. Mengonsumsi madu

Madu mengandung banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Minumlah madu 1 sampai 2 sendok per hari ketika gejala flu datang menyerang. Selain memerangi berbagai penyakit, madu juga membunuh racun yang ada dalam tubuh.

12 Mencium aroma mentol

Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang cara ini menimbulkan sedikit rasa panas, tetapi mentol akan sangat membantu melegakan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung.

13. Mengembuskan angin melalui salah satu lubang hidung

Hidung tersumbat merupakan sebuah “siksaan” yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan embuskan angin kuat-kuat dari lubang hidung satunya. Lakukan hal ini secara bergantian sehingga lendir yang menyumbat dapat keluar. Namun, berhati-hatilah ketika melakukannya. Jangan terlalu kuat karena bisa menyebabkan hidung sakit.

Semoga bermanfaat!

Ditulis oleh:

Ummu Afnan – Bantul, Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =