Tips Manfaat Edisi 14

tips-manfaat-14MANFAAT MINYAK ZAITUN DAN BUAH SIRSAK

Banyak di antara kita yang di rumahnya selalu tersedia minyak zaitun. Yang punya pohon sirsak di rumahnya bisa menjadikan buahnya sebagai santapan rutin. Ternyata, minyak zaitun dan buah sirsak kaya akan manfaat. Mari manfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Manfaat Minyak Zaitun

1. Melembabkan kulit wajah.

Kandungan asam linoleatnya mampu mencegah penguapan air sehingga minyak zaitun sangat baik digunakan untuk melembabkan kulit yang kering dan mulai berkeriput. Caranya, olesi wajah dengan minyak zaitun sembari dipijit ringan selama sepuluh menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Menyuburkan rambut.

Minyak zaitun bisa membantu menyuburkan rambut sehingga rambut lebih hitam dan lebat. Campurkan minyak zaitun dengan sampo yang digunakan, kemudian bilas hingga bersih.

3. Merawat kesehatan kulit.

Oleskan minyak zaitun pada kulit ketika mandi. Kulit tubuh akan terjaga kelembabannya dan terlihat lebih cerah.

4. Merawat tangan dan kuku.

Campurkan satu sendok minyak zaitun dengan air hangat untuk merendam tangan seminggu sekali. Kebiasaan ini membuat kulit tangan dan kuku lembut.

5. Merawat kaki.

Kaki pecah-pecah atau kasar bisa diatasi dengan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun pada telapak kaki dan area sekitar pergelangan kaki. Bungkus kaki dengan kaus kaki selama tidur pada malam hari, kemudian bersihkan pada pagi harinya. Cara ini juga bisa dilakukan pada tangan. Lakukan rutin selama sebulan untuk hasil maksimal.

6. Sebagai scrub alami.

Campur minyak zaitun dengan garam kasar untuk membuat scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel kulit mati, scrub minyak zaitun bisa membuat kulit lebih cerah.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Minum dua sendok minyak zaitun setiap hari akan mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Mampu melawan kanker.

Minyak zaitun dapat mereduksi sel kanker. Senyawa fenol dalam minyak zaitun extravirgin bertindak sebagai antioksidan pencegah penyakit untuk menghambat pertumbuhan kanker, sedangkan asam oleat diperkirakan mencegah penyebab tumor.

9. Menghilangkan artritis.

Minyak zaitun mengandung prostaglandin yang bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Konsumsilah minyak zaitun yang dicampurkan pada makanan sehari-hari, minyak zaitun akan bekerja sebagai antinyeri dengan melumasi sendi dan mencegah pembengkakan. Cara lain, oleskan minyak zaitun pada area yang nyeri.

10. Mencegah diabetes.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal sehingga berfungsi menurunkan kadar gula darah dan risiko diabetes tipe II.

11. Menghentikan rasa nyeri.

Kandungan oleokantal dalam minyak zaitun dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet dan luka sobek, atau untuk mengatasi gangguan yang berisiko radang.

12. Mencegah kepikunan.

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun berfungsi menjaga struktur sel membran dalam otak sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.

Manfaat Buah Sirsak

1. Mengobati bayi mencret (diare).

Siapkan buah sirsak yang sudah masak, peras dan saring untuk diambil airnya. Minumkan 2—3 sendok makan sari buah sirsak ini pada bayi yang mencret.

2. Mengobati ambeien.

Peras buah sirsak yang sudah masak, ambil airnya sebanyak satu gelas, minum dua kali sehari, pagi dan sore.

3. Mengobati kencing sedikit-sedikit (Jawa: anyang-anyangen).

Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Kupas sirsak dan rebus dengan gula bersama-sama dalam dua gelas air. Saring, minum airnya.

4. Mengobati sakit kandung air seni.

Siapkan buah sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak dan konsumsilah secara rutin setiap hari selama seminggu berturut-turut.

5. Mengobati penyakit lever.

Untuk mengobati lever, Anda dianjurkan berpuasa makanan lain. Anda cukup meminum jus sirsak selama seminggu sebagai pengganti makanan.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Eka Anggun Anggraeni (Ummu Hanif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + three =