Tips Membasmi Kutu Busuk (Bed Bugs)

Tips Membasmi Kutu Busuk (Bed Bugs)

Pembaca yang budiman, pernahkah Anda bangun tidur lalu mendapati bentol-bentol merah di kulit dengan titik hitam di bagian tengahnya seperti bekas gigitan? Jika ruangan Anda aman dari nyamuk atau serangga lainnya, bentol-bentol tersebut bisa jadi akibat gigitan kutu busuk (Cimex lectularius), atau biasa kita sebut ketinggih atau kepinding.

Walaupun kecil, hewan ini sungguh merepotkan. Makanan utamanya adalah darah manusia. Hewan ini menimbulkan bau yang busuk dan bekas gigitan yang sangat gatal. Mereka beraksi pada malam hari, sedangkan pada siang hari hampir-hampir tidak kelihatan. Sebagian orang mengatakan bahwa hewan ini tidak begitu berbahaya, karena memang tidak semua orang mengalami efek serius setelah digigit. Namun, sekitar 30% orang yang digigit mengalami alergi, bahkan infeksi, apabila tidak segera mendapat penanganan. Nah, bagaimana cara membasmi hewan ini? Berikut tips membasmi kutu busuk:

1.     Cucilah sprei dan selimut dengan air panas.

2.     Jemurlah kasur, bantal-bantal, dan tempat tidur di bawah sinar matahari. Kutu busuk sangat antipanas sehingga akan cepat mati jika dijemur.

3.     Bersihkan daerah bekas tempat tidur sampai bersih. Periksa langit-langit dan dinding rumah terutama dinding kayu atau papan, termasuk meja kayu jika ada di area tempat tidur.

4.     Bersihkan tempat tidur sampai bersih, lalu ambil cairan Lysol (pembersih antibakteri). Lap permukaan tempat tidur, sudut-sudut dan lipatan kasur, sampai kaki-kaki tempat tidur. Anda boleh juga menggunakan penyemprot serangga, seperti Hit atau Baygon. Namun, ingat, selama Anda menyemprot, tutuplah mulut dan hidung Anda dengan masker agar penyemprot serangga tidak terhirup.

5.     Pengalaman menunjukkan bahwa kepinding sangat menyukai tubuh yang tidak bersih dan bau. Hasil gigitannya pun akan mengundang koloninya. Maka dari itu, sebelum Anda tidur, usahakan tubuh dalam keadaan bersih. Oleskan body lotion, minyak zaitun, atau parfum di area yang mudah digigit, seperti kaki, tangan, dan leher.

6.     Jika Anda sudah digigit, jangan menggaruk bekas gigitannya agar tidak timbul luka terbuka yang mengakibatkan masuknya bakteri lain dan terjadi infeksi. Segera olesi bekas gigitan dengan minyak zaitun, minyak tawon, atau sun cream (Sumbawa cream oil).

7.     Sebagian orang membungkus seluruh badan kasur dengan plastik. Ini cara yang bagus karena akan membuat kutu busuk sulit bernapas dan insya Allah mati.

8.     Untuk mencegah kutu busuk kembali lagi, pastikan Anda mencuci sprei dan selimut seminggu sekali dengan air panas.

9.     Jaga selalu kebersihan, terutama di daerah yang padat penghuni, seperti asrama dan pondok pesantren.

Semoga tips singkat ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Selamat mencoba. (Ummu Ishlah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =